Wabup Pimpin Rakor Satgas Covid 19 Parimo

  • Whatsapp
Foto : Istimewah

PARIMO – radarparimo.com – Wakil Bupati Parigi Moutong  H.Badrun Nggai,SE pimpin rapat koordinasi (rakor) sehubungan dengan penyususnan rencana program kegiatan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Parigi Moutong untuk Penangganan Penyebaran Covid 19 di tahun 2021.

Rakor  tersebut juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, bertempat di lantai II kantor Bupati Parigi Moutong, Senin (1/2/2021).

Bacaan Lainnya

Wabup mengatakan, melihat angka kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Parigi Moutong setiap harinya mengalami peningkatan, Pemda kembali lakukan pertemuan khusus yang tergabung dalam Satgas Penanganan Penyebaran Covid 19 di wilayah kabupaten Parigi Moutong.

Rakor tersebut menghasilkan beberapa poin tugas yang nantinya akan disepakati bersama kemudian akan dilaksanakan oleh Satgas Covid 19 bersama Forkopimda dan OPD terkait di tahun 2021 ini.

Diantaranya akan melaksanakan penjagaan posko covid 19, penyaluran logistik bagi pasien suspek dan terkonfirmasi covid, penyaluran disinfektan dan aksi serentak penyemprotan disinfektan.

Selanjutnya akan melakukan oprasi yustisi dan OPPK (Operasi Penegakkan Protokol Kesehatan) dari TNI, pemanfaatan gedung karantina bagi pasien covid klaster sedang dan berat, penyediaan lahan perkuburan korban jiwa covid 19, penyediaan fasilitas alat kesehatan.

Selain itu juga akan melakukan sosialiasi vaksinasi serta kegiatan pelaksanaan vaksinasi, sosialisasi 3M, penyelidikan epidemiologi kasus covid 19, pelacakan kasus, pengambilan dan pengiriman sampel hasil swab, rapid anti body dan anti gen, serta memonitoring dan mengevaluasi semua yang akan dilaksanakan.

Wakil Bupati, Badrun Nggai dalam rakor tersebut meminta, agar OPD terkait  melengkapi data akurat jumlah terkonfirmasi positif di kabupaten Parigi Moutong untuk dikirim ke provinsi.

Badrun Nggai juga menyampaikan, untuk sarana prasarana perlu digaris bawahi mengingat salah satu penunjang utama dari penangan covid adalah sarana dan prasarana.

“Untuk itu, saya meminta sarana dan prasarana untuk penunjang penanganan covid agar dipersiapkan lebih awal”, kata Badrun

Wabup menambahkan agar mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di tengah lingkunga masyarakat bagi para pelaku usaha dan lingkup perkantoran, penegakkan titik kumpul warga baik di pesta, pasar dan cafe.

Rakor penyususnan rencana program kegiatan Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Parigi Moutong kembali dilanjutkan pada Selasa, 2 Februari Tahun 2021. Sehubungan dengan kesepakan dan tindak lanjut pelaksanaan program penangganan penyebaran covid 19 ditahun 2021.

Rakor dihadiri Kapolres Parigi Moutong  AKBP Andi Batara Purwacaraka, SH, SIK, Sekda Parigi Moutong Zulfinasran SSTP. M.A.P, Perwira Penghubung, Dinas Perhubungan, BPBD, BPKAD, Dinas Kesehatan,  Dinas Kominfo,  Direktur RSUD Anuntaloko Parigi, Direktur RSUD Buluye Napoa’e Moutong, Kasat Pol PP, Bagian Kumdang, Bagian Humas, Dr. Muhammad Mansyur, Sp.PD (Tim Ahli) dan Irwan. S.KM,M.Kes (Juru Bicara Covid 19). (abt/humas pemda)

Pos terkait