Warga Dusun Pambola Perbaiki Saluran Air Yang Tertimbun Material Bronjong

  • Whatsapp
Warga Dusun Pambola Perbaiki Saluran Air Yang Tertimbun Material Bronjong
Warga Dusun Pambola Desa Purwosari, Perbaiki Saluran Air Yang Tertimbun Material Bronjong. Foto : Mawan

PARIMO- Warga Dusun Pambola  Desa Purwosari  Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, memperbaiki  saluran air  yang  tertimbun material bronjong  akibat di terjang banjir beberapa waktu lalu.

Sehingga masyarakat bergerak cepat untuk  memperbaiki  dengan menggunakan alat  seadanya untuk menghindari  terjadinya penyumbatan  apabila  terjadi  banjir  lagi.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Purwosari  I Putu Eka Kembar, mengatakan  aksi  yang dilakukan oleh warga Dusun Pambola, untuk  melakukan pembersihan material bronjong  dan  limbah kayu yang ikut terseret banjir agar tidak terjadi meluapnya  air di saat hujan lebat. Ujarnya saat  dihubungi,minggu (01/11/2020).

“Kami bersama masyarakat kerja bakti, mengangkat bebatuan yang menutup jalan air,” jelasnya.

Pasca banjir  Kamis lalu, pihaknya telah melaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) parimo, terkait kondisi desa kami yang dihantam banjir.

Namun, kata dia, hingga kini alat berat eksavator yang diharap untuk melakukan pembersihan tak kunjung  tiba. Maka, masyarakat  berinisiatif melakukan pembersihan.

“Masyarakat berharap pemerintah setempat segera menurunkan alat berat, minimal mengakut meterial bebatuan serta limbah kayu,” harapnya.

Ia menuturkan, dari empat dusun yang ada, hanya dusun Pambola yang parah akibat hantaman banjir, mengakibatkan satu rumah mengalami rusak parah.

Selain itu, sebanyak 700 hektar sawah milik warga tergenang lumpur, sehingga mereka menggarap kembali sawah mereka yang sudah ditanam. Bahkan, hewan ternak bebek banyak yang mati serta puluhan babi ikut hanyut.

“Untuk itu, saya berharap  kepada  pemerintah daerah  dapat  memperhatikan kerugian yang  dialami warga kami,” tutupnya. (Abt)

Pos terkait