Upaya Polair Dibantu Warga Selamatkan Penumpang KM Bintang Timur.

  • Whatsapp
Upaya melakukan tindakan penyelamatan dan pertolongan terhadap para crew dan KM Bintang Timur yang tenggelam. ( Foto :Satpolair Polres Parigi Moutong)

PARIMO- radarparimo.com – Berawal dari Satpolair Polres Parigi Moutong, menerima informasi dari kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas)  Desa Tambu Kecamatan Sausu  tentang adanya sebuah kapal nelayan yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di laut wilayah Desa Tambu Kec. Sausu, pada hari Kamis,(18/2/2021), sekitar  jam 07.00 Wita.

Berdasarkan informasi tersebut, Kapolres Parimo AKBP Andi Batara Purwacaraka, SH, SIK, memerintahkan Kasat Polair Polres Parimo AKP Sunarto agar kapal patroli Type C2 KP XIX-2009, yang saat itu sedang melaksanakan patroli perairan laut di wilayah perairan Kecamatan Sausu untuk melakukan tindakan penyelamatan dan pertolongan terhadap para crew dan ABK serta penumpang kapal yang tenggelam.

Bacaan Lainnya

Kapal patroli Polairres Parimo Type C2 KP XIX-2009  yang di nakhodai oleh Aiptu Andri Suyanto lalu merespon cepat kejadian tersebut dengan dibantu Polsek Sausu serta pemerintah Desa Tambu beserta masyarkat, langsung menuju lokasi kejadian kapal tenggelam.

Saat itu tepat di titik kordinat pada 0° 50′ 807′ S – 120° 37′ 500′ E  lokasi tenggelamnya KM Bintang Timur dengan melihat situasi saat itu para ABK sedang terombang ambing di tengah laut dengan cara menyelamatkan diri pada sebuah rakit dan kondisi KM Bintang Timur. “Hanya kelihatan tiang lampu kilat saja dan body kapal seluruhnya sudah terendam air laut, “ujar Aiptu Andri Suyanto

Selanjutnya seluruh ABK kapal KM Bintang Timur berjumlah 20 orang langsung dievakuasi naik ke atas kapal patroli Type C2 KP XIX-2009 menuju dermaga Desa Sausu Tambu dengan kondisi kesehatan seluruh ABK dalam keadaan sehat dan seluruhnya selamat.

Berdasarkan keterangan nakhoda KM Bintang Timur, kapal tersebut  tenggelam akibat mengalami kerusakan mesin dan terjangan ombak beserta angin yang cukup kuat.(abt)

Sumber : Humas Polres Parimo

Pos terkait