Uji Kenderaan, Dishub Terkendala Peralatan Belum Memadai

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, Arman Maulana.

PARIMO – radarparimo.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong terkendala pembuatan uji kendaraan atau Kir. Penyebabnya alat pengecekan dan pengukuran kendaraan belum dilakukan kalibrasi. Selain itu ada juga  beberapa kendala pada alat pendukung kelistrikan dan pejabat teknis alat.

Bila seluruh komponen yang dibutuhkan itu tersedia, barulah alat pengujian berada di terminal Toboli dapat beroperasi.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, Arman Maulana Rabu (9/6).

Menurut Arman, beroperasinya alat itu, akan memberikan kontribusi bagi PAD daerah.

Untuk itu lanjut Arman, tahun 2022 pihaknya mengajukan usulan anggaran kalibrasi, aplikasi, penambahan daya listrik. Dia berharap gal itu dapat terealisasi dan bisa digunakan nantinya.

Arman mengatakan, untuk sektor pendapatan dari pengujian apabila dipadukan dengan pendekatan parkiran  dapat memberikan kontribusi positif dan nyata untuk daerah.

“Apabila dua sektor itu bisa maksimal, maka kita tinggal mencari jalan-jalan lainnya untuk meningkatkan PAD Parigi Moutong,” ujar Arman.

Arman juga menjelaskan, pembuatan kir atau uji kendaraan sebelumnya masih menggunakan sistem manual, dengan adanya aturan baru semua pengujian Kir harus berbasis aplikasi, maka sistem yang lama secara otomatis ditiadakan lagi.

Arman jelaskan, dalam dua tahun terakhir alat tersebut tidak dapat dioperasikan akibat terjadinya pandemi serta refocusing anggaran, sehingga mengalami penundaan.

Meskipun tertunda alat pengujian dan daya dukung lain dioperasikan, tapi kendaraan  truck, pickup, angkutan umum dan lain sebagainya tetap bisa beroperasi.

“Dishub Parigi Moutong melalui pihak pengujian bisa mengeluarkan rekomendasi untuk digunakan bagi pemilik kendaraan,” ucapnya.

Arman menambahkan, masyarakat Parigi Moutong yang menginginkan Kir permanen dapat mengurus di Kabupaten Pohuwato yang telah menerapkan sistem aplikasi dalam pembuatannya. (abt)

Pos terkait