Tiga Wilayah Jadi Daerah Transmisi Lokal Corona di Sulteng

  • Whatsapp
Tiga Wilayah Jadi Daerah Transmisi Lokal Corona di Sulteng
Rapat Sekprov Sulteng.

Parigi- Dinas Kesehatan Provinsi menyebutkan tiga wilayah di Sulteng menjadi daerah transmisi lokal virus corona di Sulteng.

“Beberapa daerah di Propinsi sulawesi Tengah seperti Kabupaten Poso, Buol dan Kota Palu sudah masuk daerah penyebaran dengan kategori transmisi lokal,” ungkap Kadis Kesehatan Provinsi dr. Reny Lamadjido, Sp.PK , M.Kes, saat mengikuti rapat dengan Sekprov Sulteng, Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si dan Kalak BPBD Provinsi Dr. Bartholomeus Tandigala , CES, di Ruker Sekprov, Selasa (26/5/2020).

Bacaan Lainnya

Walaupun demikian, kemajuan percepatan kesembuhan pasien virus corona sangat mengembirakan.

Saat ini kata dia, Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng mendorong Dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid test.

“Seperti yang dilakukan Kabupaten Buol dengan rapid test 90 orang dan Tolitoli 80 orang,” jelasnya.

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan memastikan percepatan langkah rapid test dan SWAB di beberapa kabupaten dan kota.

“Percepatan rapid test dan SWAB di Sulawesi Tengah, untuk memastikan langkah penanganan penanggulangan virus corona berjalan tepat,” ungkap Sekprov Sulteng, Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, selaku Ketua Harian Gugus virus corona.

Ia mengatakan, langkah yang sudah dilakukan sudah sangat baik dan untuk meningkatkan performa penanganan virus corona, pihaknya meminta beberapa hal.

Diantaranya, Pemprov melalui Gugus Tugas virus corona bekerja sama dengan Gugus Tugas virus corona Kota Palu akan melakukan Rapid Tes Secara Massal di Kota Palu Sulteng.

Sehingga, pihaknya meminta Kepala Dinas kesehatan Provinsi selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid mempersiapkan kegiatan itu dengan baik .

“Pemastikan penanganan pasien di Kabupaten Buol dan Tolitoli Sulteng berjalan dengan baik dan mempercepat hasil rapid tes yang dilakukan di daerah itu,” tuturnya.

Ia meminta Kadinkes Provinsi Sulteng, agar hasil rapid test positif virus corona di Kabupaten Banggai Laut segera dilakukan SWAB untuk dikirim ke provinsi. Tujuannya, untuk dapat memastikan status pasien.

Selain itu, ia juga meminta Kadinkes untuk memastikan langkah penanganan penanggulangan virus corona dari kabupaten lainnya sudah berjalan dengan baik.

“Dan kita harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan rapid test virus corona di Kota Palu,” tegasnya.

Sekretaris Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si. selaku Ketua Harian Gugus virus corona, mengadakan Rapat dengan Kepala Dinas Kesehatan dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, dan Kalak BPBD Provinsi Dr. Bartholomeus Tandigala , CES. (AB)

Pos terkait