Tahun Depan, Penerapan Arkas dan Markas Bagi Pendidikan Kesetaraan

Kepala Seksi Pembinaan Kesetaraan Bidang PAUD Disdikbud Parimo, Sukri Tolinggi S.Pd, M.Pd. (Foto : iwan tj)

PARIMO, radarparimo.com Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah, melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menggelar sosialisasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Markas) untuk pendidikan kesetaraan.

“Selama ini kan Arkas dan Markas itu diterapkan di SD dan SMP, untuk di pendidikan kesetaraan itu belum. Makanya dari pihak Kementrian akan diluncurkan mulai tahun depan untuk penerapan Arkas dan Markas,” ujar Kepala Seksi Pembinaan Kesetaraan Bidang PAUD Disdikbud Parimo, Sukri Tolinggi S.Pd, M.Pd. kepada media ini di Parigi, Kamis (9/02/2023).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, proses penganggaran menggunakan Arkas dimulai tahun depan yang inklud dengan Sistim Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Makanya hal tersebut kita sosialisasikan terlebih dahulu,” katanya.

Kata dia, kegiatan tersebut diikuti oleh satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan yaitu, pake A, paket B dan paket C, dari 36 satuan pendidikan yang tersebar di 19 Kecamatan.

Di Parimo sendiri kata dia, masih ada empat Kecamatan yang belum ada PKBMnya, yaitu Kecamatan Parigi Barat, Parigi Selatan, Parigi Tengah dan Kecamatan Sausu.

“Ini masih menjadi PR kami untuk membuka supaya, akses anak yang putus sekolah ini, mereka bisa mengikuti pendidikan non formal, paket A,B dan C,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, ia berharap agar para peserta sudah paham apa Arkas dan Markas, juga seperti apa proses pengerjaanya. Sehingga ketika penerapannya nanti sudah tahu dan tidak kaget lagi.

“Sebelumnya Arkas dan Markas sudah diterapkan di SD dan SMP, untuk non formalnya diterapkan tahun depan,”tutupnya. (wan)