Sou Mpelava Ajak Warga Belajar Menganyam Lidi Jadi Piring

  • Whatsapp

PARIMO – radarparimo.com – Taman Baca Sou Mpelava memfasilitasi warga Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah kegiatan pelatihan menganyam lidi jadi piring (Inco), di Sekretariat Kampung Literasi Pelawa.

Ketua TBM Sou Mpelava, Syilva Muslimah mengatakan, pelatihan keterampilan menganyam piring lidi ini, merupakan rangkaian kegiatan Kampung Literasi Pelawa yang puncaknya akan dicanangkan pada 27 Oktober mendatang.

Bacaan Lainnya

“Hasil karya peserta, dapat dipamerkan pada kegiatan puncak nanti. Harapanya, dengan adanya keterampilan yang dimiliki peserta ini bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga,” kata dia, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan yang diikuti sepuluh orang peserta, itu, dimulai pukul 15.00 hingga 17.45.  Peserta mendapatkan penjelasan secara teori sekaligus praktek menganyam lidi.

Tutor anyaman Lidi, Anton mengatakan, untuk menghasilkan kualitas Inco yang kuat, selain teknik menganyam, lidi yang digunakan sebagai bahan dasar anyaman juga harus lidi pilihan.

“Tidak terlalu kering dan juga bukan lidi mentah,” ungkapnya.

Untuk membuat satu piring kata dia, penganyam harus menghitung jumlah lidi yang digunakan, membaginya sesuai ketentuan, meletakan pada posisi tepat. Penganyam juga harus menginjak dengan satu kaki bagian atas lidi saat hendak menganyam, agar tidak mudah bergeser, sehingga dasar Inco lebih rapi.

“Maka jika kita sekadar melihat atau mendengar teorinya saja, kita akan sulit untuk bisa terampil membuat piring Inco. Butuh praktek berulang kali, terutama pada bagian dasarnya,” ucapnya.

Diketahui, piring inco sudah banyak digunakan masyarakat saat menggelar hajatan. Lebih praktis dan lebih hemat. Maka tidak heran, piring inco banyak peminatnya.

Melihat itu, warga pesisir yang punya akses luas mendapatkan bahan baku harusnya mengambil peluang sebagai penyedia untuk pasar. Namun, dibutuhkan keterampilan agar bisa menjadi pembuat piring inco.

Peluang ini jugalah yang dilihat oleh Sou Mpelava. Banyaknya bahan baku di pesisir pantai yang notabene ditumbuhi sebagian besar pohon kelapa bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi yang melimpah jika dikelola dengan baik dan bijak. Salah satunya memanfaatkan lidi dari pohon kelapa untuk dianyam menjadi piring inco, penutup makanan, wadah buah-buahan dan masih banyak lagi. (Opi)

 

Pos terkait