Sekda Buka Pertemuan Review Kinerja Tahunan Tingkat Kabupaten Parimo

  • Whatsapp
Pertemuan Review kinerja Tahunan Tingkat Kabupaten Parigi Moutong Tahun Anggaran 2020.Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Sekretaris daerah kabupaten,H.Ardi,S.Pd,MM.di gedung pertemuan Bappelitbangda kabupaten parigi moutong.

PARIMO – Pertemuan Review Kinerja Tahunan Tingkat Kabupaten Parigi Moutong Tahun Anggaran 2021, Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Sekretaris daerah Kabupaten,H.Ardi,S.Pd,MM.di gedung pertemuan Bappelitbangda kabupaten parigi moutong. jumat,(4/12/2020).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan dr Agus Suryono Hadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Parigi Moutong, Zulfinasran, SSTP, M.A.P.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah H. Ardi, S. Pd,MM. mengatakan terdapat lima isu strategis yang menjadi prioritas dalam pembangunan kesehatan 5 tahun ke depan, yaitu angka kematian ibu (AKI), angka kematian neonatal (AKN) yang masih tinggi, stunting, tuberculosis (TBC), penyakit tidak menular (PTM) dan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Lanjut sekda,Parigi Moutong sendiri angka kematian ibu dan prevalensi stunting masih merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia,dan ancaman terhadap kemampuan daya saing manusia serta masalah kesehatan ibu dan anak.

“perlu menjadi perhatian bersama sehingga upaya penurunan angka kematian ibu (aki), angka kematian bayi (akb) dan prevalensi stunting dapat berjalan dengan baik”ujar sekda“dengan dilaksanakannya pertemuan review kinerja tahunan, kita semua memperoleh pembelajaran hasil perbandingan realisasi terhadap rencana kegiatan sehingga penilaian kinerja program percepatan dan penurunan stunting selama satu tahun terakhir akan menjadi masukan dalam pelaksanaan aksi-aksi selanjutnya” ungkap sekda.

Sekda mengucapkan,terima kasih dan mengapresiasi tim gugus tugas penanganan stunting dan seluruh masyarakat, yang selama ini sudah menunjukan prestasi yang cukup membanggakan, yang dapat dilihat dari penurunan angka stunting dari 34,4% di tahun 2017, turun menjadi 12,51 % pada tahun 2020.

Berdasarkan data bulan penimbangan agustus 2020, parigi moutong mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai “kabupaten dengan kinerja terbaik 1 pada tahun ke-2, kabupaten replikatif serta kabupaten dengan pameran dan desa lokus terbaik  pada penilaian kinerja stunting pemerintah daerah se-provinsi sulawesi tengah pada tahun 2020.

“semoga prestasi ini, dapat menambah semangat kita untuk terus menekan penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan prevelensi stunting di kabupaten parigi moutong, sehingga “parimo sehat” dapat segera terwujud” pungkas Sekda.

sementara itu ibu asmarafia,s.si ,apt mengatakan bahwa  kegiatan ini di ikuti peserta kurang lebih 118 orang terdiri daru  OPD terkait, kepala desa, Bidan Koordinatir, Bidan Desa dan tenaga pengelola gisi puskesmas.(Abt/ddy)

Pos terkait