Sejumlah Program Prioritas di DLH Terkendala Anggaran

  • Whatsapp
Foto : Kepala Bidang Bidang Penataan, dan Penataan Lingkungan Hidup (PPLH), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Idrus.

PARIMO – radarparimo.com –  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong tengah melakukan penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten tahun 2021.

Kepala Bidang Bidang Penataan, dan Penataan Lingkungan Hidup (PPLH), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Idrus, mengatakan dokumen yang disusun pihaknya saat ini adalah kegiatan pada seksi pengaduan dan penyelesaian sengketa serta dapat dukungan anggaran pengawasan izin lingkungan.

Bacaan Lainnya

Namun, Muhamad Idrus mengungkapkan  anggaran tahun ini yang akan digunakan untuk hal itu  sangat minim. Apalagi, pihaknya juga sementara menggodok SK tim terpadu penegakkan hukum lingkungan hidup terkait banyaknya kegiatan ilegal yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

Muhamad idrus juga mengharapkan, di anggaran belanja tambahan (ABT) bisa mendapat dukungan anggaran  sarana dan prasarana tim terkait operasional.

” Mudah-mudahan di anggaran belanja tambahan (ABT) nantinya, bisa dikondisikan.” harapnya.

Menurutnya, untuk tahun ini ada program prioritas untuk dilakukan pihaknya, namun karena keterbatasan anggaran sehingga belum bisa dilaksanakan. Contohnya, kata dia penyusunan dokumen daya dukung dan daya tampung lingkungan (D3TLH) yang juga terkendala anggaran.

Karena, mengingat ada penambahan tupoksi dalam hal pengurusan pertambangan, kehutanan, utamanya dalam hal penegakan hukum pada kasus-kasus lingkungan yang dinilai marak terjadi di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

“Jadi yang paling utama itu, adalah pengadaan sarana dan prasarana pengawasan,” ujarnya.(abt).

Pos terkait