Renovasi Laboratorium Uji SWAB RSUD Anutapura Palu Rampung 100 Persen

  • Whatsapp

Berita Palu, gemasulawesi- Renovasi ruangan Laboratorium khusus uji SWAB di RSUD Anutapura Palu dinyatakan telah rampung 100 persen.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Direktur RSUD Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi baru baru ini di Posko induk Satgas Pengendalian dan Pemantauan Covid-19 Baruga Lapangan Vatulemo.

Bacaan Lainnya

“Jadi khusus ruangan laboratorium uji SWAB nya, Alhamdulillah sudah rampung 100 persen,” tuturnya.

Menurutnya, laboratorium dibangun telah sesuai standar. Tinggal menunggu alat tambahan yakni catridge untuk pemeriksaan sampel Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Terkait dengan alat tambahan cartridge akan dibantu dari pusat, sehingga Pemerintah Kota Palu tinggal menyiapkan tempat steril,” jelasnya.

Dalam perenovasian ruang laboratorium RSUD Anutapura Palu ini kata dia, menyerap anggaran 250 juta rupiah.

Sementara itu Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Anutapura, dr. Suriyanti menjelaskan, ruang laboratorium itu akan di assessment dulu oleh pihak Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Jika memenuhi syarat, maka pemeriksaan Swab yang menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan sudah bisa dilaksanakan pemerintah kota Palu.

“Jadi dari Dinas Kesehatan provinsi Sulteng akan mengassessment dulu baru diusulkan ke Kementerian Kesehatan untuk memperoleh bantuan catridge,” paparnya Senin, 11 Mei 2020.

Dengan adanya laboratorium pemeriksaan uji Swab, diharapkan mempermudah langkah-langkah strategis untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Palu.

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda kota Palu

Pos terkait