Puluhan Rumah di Desa Kayuboko Terendam Akibat Terjangan Banjir

  • Whatsapp
Salah satu rumah warga desa air panas yang terdampak banjir. (Foto : BPBD Parimo)

PARIMO – radarparimo.com – Bencana banjir kembali terjadi di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kali ini, banjir menerjang Desa Kayuboko dan Air Panas Kecamatan Parigi Barat, Sabtu 24 Juli 2021.

“Iya banjir di jembatan perbatasan Desa Air Panas dan Kayuboko. Karena hujan yang lebat disana selama 4 jam,” ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Rivai, ST saat dihubungi, Sabtu.(24/7/2021)

Bacaan Lainnya

Menurut Rivai, bencana banjir terjadi sekitar 17:00 WITA, diperkirakan akibat sedimen sungai yang tinggi, sehingga ketika volume air meningkat akibat intesitas curah hujan cukup tinggi, tidak mampu lagi tertampung dan terjadi luapan air.

“ Luapan air sungai menggenangi sisi utara sekitar 150 meter dari arah Sungai, menuju kedataran lebih rendah sehingga banjir menerjang kearah Desa Kayuboko.” jelasnya

Banjir mengakibatkan, 10 unit rumah warga di desa setempat digenangi air, dengan ketinggian rata-rata 20 hingga 40 cm.

“Berdasarkan data sementara sekitar rumah terdampak mengalami rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” terangnya.

Dari hasil pendataan kata dia, usai kejadian pihaknya menemukan kurang lebih empat rumah warga tidak lagi berpenghuni. Diperkirakan, mereka telah mengungsi ke rumah warga yang tidak terdampak atau keluarganya.

Kemudian, beberapa pemilik rumah terdampak lainnya mengangkut sejumlah prabotan dari rumahnya, ke tempat yang dianggap lebih aman.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat musim penghujan seperti saat ini. Apalagi bagi warga yang tinggal disepadan sungai atau pantai, rawan terdampak bencana,” ujarnya. (abt/opi)

Pos terkait