Permudah Akses Warga, KSP Gotong Royong Buka Tempat Pengisian BBM

  • Whatsapp
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana meresmikan tempat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Desa Tanalanto.

PARIMO – radarparimo.com Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Gotong Royong di Desa Tanalanto, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), membuka tempat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), untuk memudahkan akses warga setempat.

“Kami mendapatkan infomasi dari pihak BUMN pengelolaan Pertashop , atau tempat pengisian BBM, bisa dilakukan oleh koperasi dan BumDes. Melihat ketersediaan lahan, maka kami melakukan permohonan pengelolaan untuk Desa Tanalanto,” ungkap Ketua KSP Gotong Royong, Julius Boko saat ditemui, Jumat (19/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, berdasarkan kriteria dan ketentuan pengelolaan tempat pengisian BBM itu, telah memenuhi syarat. Sebab, jaraknya jauh dari SPBU Tolai di Kecamatan Torue serta SPBU Pombalowo di Kecamatan Parigi.

Menurut dia, pihaknya berencana melakukan pengembangan ke pelayanan SPBU, namun ada tahapan yang harus dipenuhi untuk menujuh target tersebut.

“Kebetulan juga lokasi lahan kami ini tidak ada pembangunan tiang listrik, karena tidak dibolehkan ada tiang listrik diatas tangki BBM,” kata dia.

Dia berharap, pihaknya dapat mempermudah dan mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat, karena di SPBU saat ini sangat sulit untuk mendapatkan BBM.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana mengatakan, KSP gotong royong salah satu koperasi yang berhasil mendekatkan pelayanan prima, berupa pengisian bahan bakar, mengingat SPBU lainnya cukup jauh.

“Program ini juga sebagai upaya menekan kemiskinan di wilayah Parimo,” ungkapnya.

Dia menyebut, tumbuh kembangnya koperasi dilihat dari pengelolaan menejemen yang baik. Kemudian, anggota dan masyarakat koperasi bisa perkembangan dari sisi pendapatan ekonomi yang layak, dan tidak mencari keuntungan semata.

Dia berharap, koperasi Gotong Royong kedepannya dapat menjadi contoh untuk koperasi lainnya, khususnya yang berada di wilayah utara Parimo.

“Ini bisa menjadi contoh bagi koperasi lain, untuk mengembangkan program Pertashop semacam ini,” pungkasnya.(Opi)

Pos terkait