Pengawas Kelurahan dan Desa Kecamatan Torue Ikut Rakor Pengawasan Pemutahiran data Pemilih

  • Whatsapp
Satrimawan, Ketua Panwascam Kecamatan Torue. foto : Ist

PARIGI – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Torue, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah.mengelar rapat koordinasi pengawasan pemutahiran data pemilih pada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur tahun 2020.

Satrimawan yang juga Ketua Panwascam Kecamatan Torue , mengatakan berdasarkan UU 10 tahun 2016, Perbawaslu no 9 tahun 2020, PKPU 5 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal.

Bacaan Lainnya

“Ini yang menjadi dasar kami dan PKD untuk melakukan pengawasan terhadap coklit yang dilakukan oleh penyelengara tehnis,” jelasnya.

Satriwan mengatakan  dalam pengawasan pemutahiran data, pihaknya hingga PKD memastikan seluruh pemilih yang  dinyatakan memenuhi syarat harus dapat  terdata melalui coklit yang beberapa waktu lalu.

“Pemilih  yang memenuhi syarat kata dia, yang berumur 17 tahun,  dibawah umur tapi sudah menikah serta disabilitas,” jelasnya.

Mawan  menjelaskan, Daftar pemilih adalah dokumen yang memuat nomor induk kependudukan (NIK), nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat warga negara yang mempunyai hak pilih.

Sedangkan pendaftaran pemilih adalah proses pencatatan nama-nama warga negara yang mempunyai hak pilih ke dalam daftar pemilih yang dilakukan oleh petugas pendaftaran pemilih.

Ia menambahkan, kegiatan yang diikuti tujuh Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) SE Kecamatan Torue berdasarkan jumlah desa yang ada.(Abt).

Pos terkait