Pemda Parimo Proyeksikan Anggaran Vaksinasi Covid-19 Rp 30 Milyar

  • Whatsapp
ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto,S.Sos. Foto : Thilonk

PARIMO–radarparimo.com – Pemerintah Derah Kabupaten Parigi Moutong memproyeksikan sekitar 30 miliar rupiah  anggaran vaksinasi covid-19 pada tahun 2021, anggaran tersebut disesuaikan dengan jumlah penduduk di wilayah Parigi Moutong.

Anggaran tersebut disiapkan untuk kebutuhan vaksinasi, mengigat Parigi Moutong mengalami peningkatan kasus positif covid-19.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan petunjuk surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) seluruh anggaran vaksin covid-19 di Parigi Moutong bersumber dari APBD,” ujar ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto, Rabu,(6/1/202)

Sayutin juga menjelaskan, yang ada dalam petunjuk saat ini, seluruh pembiayaan untuk kepentingan vaksinasi dibebankan ke daerah.

Kata Sayutin lagi pembiayaan  itu mulai dari pendataan, pengadaan alat-alat penunjang untuk vaksinasi, sosialisasi, edukasi termasuk iklan himbauan untuk ikut dalam vaksinasi.

“Saat ini, kami belum mengetahui berapa total riil pembiayaan. Baik itu mulai dari bahan-bahan vaksinasi  belum ada kejelasan. Kemudian apakah vaksin dibiayai daerah, masih menunggu informasi dari pusat,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk anggaran belanja  gugus tugas covid 19, itu tidak bisa diganggu  karena sudah masuk dalam Belanja Tidak Terduga (BTT).

Ditambah lagi, kata sayutin, tahun ini  untuk merekrut tenaga medis untuk vaksinasi,berarti kita harus mengontrak pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK),untuk tenaga kesehatan yang mempunyai sertifikat,kemungkinan akan direkrut  di tahun ini.ujarnya

Makanya kita DPRD,masih proses bagaimana menyelesaikan dengan pemerintah daerah, guna menghitung secara kaseluruhan berapa  nilai total kebutuhan untuk penanggulangan covid-19,mulai dari penanganannya hingga vaksinasinya.(Abt)

Pos terkait