Pelatihan Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Bapelitbangda Gandeng IPB.

  • Whatsapp
Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, melakukan pelatihan sistem informasi pembangunan daerah, bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor. (F.Thilonk)

PARIMO – radarparimo.com – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, melakukan pelatihan sistem informasi pembangunan daerah, bekerja sama dengan Institut  Pertanian Bogor.

“Ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya. Dimana tahun lalu sudah disusun software, terkait sistem informasi berbasis Website,”ucap Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan, Kamis (27/5/2021)

Bacaan Lainnya

Irwan mengatakan, dengan adanya pemetaan potensi daerah, akan memudahkan melakukan perencanaan, dalam rangka meningkatkan ekonomi di Parigi Moutong.

Selain itu Kepala Bidang Ekonomi  Bappelidbangda, Novi Banda mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi pihaknya saat pelaksanaan Bapenas beberapa waktu lalu, disarankan membuat software yang memuat seluruh data perencanaan

“Siapapun dapat melihat data-data atau potensi di Kabupaten Parigi Moutong. Jadi keinginan kami seperti itu,”ujarnya.

Menurut Novi, awalnya aplikasi yang dibuat Bappelidbangda spesifik, hanya memuat data kerawanan pangan, dan kesehatan. Tahun ini dikembangkan lebih lanjut, dengan memuat seluruh potensi Parigi Moutong.

Hanya saja, sistem informasi ini baru berupa perencanaannya saja, kedepan akan dikembangkan monitoring dan evaluasinya.

“Jadi kami akan melihat lagi hasil evaluasi pembangunan di Kabupaten Parigi Moutong,”ujar Novi.

Untuk mengoptimalkan aplikasi, pihaknya membutuhkan operator yang akan menginput data-data, dan berbagai urusan yang berkaitan dengan OPD masing-masing. (abt)

Pos terkait