Parimo Masih Beresiko Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran Achmad. (Foto : Prokopim Pemda Parimo)

PARIMO – radarparimo.com Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran Achmad mengatakan, Situasi covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah maupun Kabupaten Parigi Moutong masih dalam risiko sangat tinggi, selama pencapaian vaksinasi masih sangat rendah.

“Sesuai data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, kasus Covid-19 pada tahun 2020 hingga 2 September 2021, sebanyak 43.050 jiwa, dengan kematian 1.388 jiwa (cfr 3,22%). Sedangkan Parigi Moutong sebanyak 4.172 jiwa, dengan kematian 119 jiwa (cfr 2,9%),” ungkap Zulfinasran, Jum’at (3/9/2021).

Hal itu diungkapnya, saat menghadiri sosialisasi dan koordinasi lintas sektor dalam rangka upaya percepatan pengendalian penanggulangan kasus Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Parigi Moutong, bertempat di hotel Anutapura, Jum’at.

Dia mengatakan, dalam upaya menekan lajunya peningkatan kasus covid-19, tim kesehatan bekerja sama bersama TNI dan Polri, melakukan testing dan tracking yang dibuat dalam surat keputusan Puskesmas wilayah kerja masing-masing.

“Kegiatan yang dilakukan saat ini, merupakan kegiatan penting dalam rangka memperkuat pelaksanaan surveilans Covid-19,” kata dia.

Penanganan penyebaran Covid-19 kata dia, dibutuhkan dukungan dari masing-masing pihak terkait dan terhubung dalam satu arah tujuan, dengan meningkatkan koordinasi serta kerjasama tim dilapangan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satu strategi yang dilakukan di Kabupaten Parigi Moutong yaitu, membuka gerai vaksinasi massal di 23 Puskesmas dibantu oleh TNI dan Polri, untuk mengumpulkan masyarakat dengan target harian masing-masing gerai sebanyak 300 dosis.

Harapannya, pada akhir tahun 2021 target ditetapkan dapat tervaskinasi seluruhnya.

“Walaupun Kabupaten Parigi Moutong terkendala terbatasnya logistik yang terdistribusi, kami yakin akan menyelesaikan tepat pada waktunya,” pungkasnya. (*/abt)

Pos terkait