Operasi Zebra Tinombala Digelar, Kapolres : Tingkatkan Disiplin Berlalulintas untuk Keselamatan

  • Whatsapp
Kapolres Parimo, AKBP Yudy Arto Wiyono gelar apel pasukan operasi Zebra Tinombala tahun 2021. (Foto : Humas Polres Parimo)

PARIMO – radarparimo.com Polres Parigi Moutong Sulawesi Tengah gelar apel pasukan operasi Zebra Tinombala tahun 2021.

Sebanyak 35 personil, dan beberapa personil lainnya dari Dinas Perhubungan serta Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Parimo.

Bacaan Lainnya

Kapolres Parimo, AKBP Yudy Arto Wiyono mengatakan, gelar apel pasukan sangat perlu  dilaksanakan guna wujudkan Kamseltibcarlantas mantap, dan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam menggunakan protokol kesehatan.

“Selain itu, juga bertujuan mengajak masyarakat untuk tertib dan disiplin dalam berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan serta memberikan edukasi tentang kedisiplinan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” kata Kapolres, saat ditemui usai apel gelar pasukan, Senin 15 Oktober 2021.

Kegiatan Operasi Zebra Tinombala juga dilaksanakan, untuk menciptakan situasi dan kondisi aman menjelang pelaksanaan Natal dan tahun baru 2022.

Dia menginginkan, para personil yang terlibat agar melaksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab, kedepankan sikap humanis, hindari tindakan arogan dan pungutan liar (pungli).

Selain itu, personil juga diminta untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani Standar Operasi Prosedur (SOP) operasi, serta protokol kesehatan Covid-19.

“Dalam operasi ini, nantinya para personil akan kami sebar ke titik-titik tertentu. Kami telah mempersiapkan ini, mulai dari perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendaliannya,” ujarnya.

Kapolres mengimbau masyarakat untuk menaati rambu-rambu lalu lintas. Sehingga, meminimalisir resiko pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Menyusul adanya operasi Zebra Tinombala serentak tahun 2021.

“Untuk kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah Parigi Moutong, memang ada sedikit peningkatan dari tahun sebelumnya,” kata dia.

Dia menyebut, karena luasnya wilayah Parigi Moutong, dan tanpa dukungan fasilitas jalan yang memadai, seperti minimnya penerangan dan rambu-rambu lalu lintas,  menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Apalagi pada jalur tertentu, pengendara tidak memiliki kesadaran saat mengendarai kendaraan. Seperti pada jalur dengan ukuran jalannya dari lebar, sempit hingga paling kecil.

“Untuk rambu-rambu lalu lintas ini, saya meminta bantuan pemerintah untuk sama-sama memperhatikan hal itu,” pungkasnya.

Dalam Gelar apel pasukan operasi Zebra Tinombala tahun 2021 ini juga turut dihadiri  Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai,SE beserta sejumlah pejabat forkopimda lainnya. (abt)

Pos terkait