Master Selam Asal Sangihe Kagumi Potensi Bawah Laut Parimo.

  • Whatsapp
Keindahan alam bawah laut parigi moutong yang luar biasa. (foto : Istimewah)

PARIMO – radarparimo.com – Kabupaten Parigi Moutong memiliki kekayaan alam bawah laut yang luar biasa.

Salah satunya di pantai Lolaro Tinombo yang kurang lebih 25 meter dari bibir pantai ditumbuhi ribuan terumbu karang dengan beragam warna yang menajubkan, bahkan ada karang laut yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Bacaan Lainnya

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat diidentifikasi menjadi dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

“ Di Pantai Lolaro Ada beberapa spot yang masih baik terumbu karangnya dan bahkan ada karang jenis Spon yang biasanya ditempat lain berukuran 30 sampai 50 cm, namun di pantai Lolaro karang jenis sponya ada setinggi manusia dan sangat lebar.” Ujar  The Master Daiving wanita asli pulau Sangihe berdarah Manado Lidya Pontoh, Sabtu (26/6/21).

Setelah ia melakuakan pemotretan under water hasilnya saat dilihat,  banyak ditemukan beragam terumbu karang serta  jenis jenis terumbu karang dan bahkan sangat langka yang jarang ditemui didaerah lain.

Lidya juga mengatakan,  sangat banyak ikan yang ada di bawa laut serta beragam jenis ikan.

” Ternyata di pantai Lolaro juga terdapat  ikan lumba lumba, bahkan kami sempat memotret serta melakukan rekaman vidio terhadap lumba lumba tersebut yang kurang lebih 11 ekor melompat lompat mengikuti kapal seolah olah mau berinteraksi,” jelas Lidya yang juga mahir sebagai pilot Paralayang itu.

Ia juga berharap kedepan banyak wanita yang berasal dari Parigi Moutong yang menjadi penyelam seperti dirinya. (*/abt)

Pos terkait