Lewat Pembekalan Bela Negara, Babinsa Masuk Sekolah Beri Pemaham Cinta Tanah Air

Lewat Pembekalan Bela Negara, Babinsa Masuk Sekolah Beri Pemaham Cinta Tanah Air
Untuk mewujudkan rasa kecintaan generasi muda kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Babinsa Koramil 08 Parigi Kodim 1306 Kota Palu Sertu Kamaruddin Mbanoko memberikan pembekalan Bela Negara.

PARIMO, radarparimo.com – Untuk mewujudkan rasa kecintaan generasi muda kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Babinsa Koramil 08 Parigi Kodim 1306 Kota Palu Sertu Kamaruddin Mbanoko memberikan pembekalan Bela Negara.

Pembekalan tersebut, kepada 30 orang siswa dan siswi kelas IX SMP Negeri 3 Olaya, Kecamatan Parigi, bertempat di ruang kelas sekolah, di Jalan Negara Dusun V, Desa Olaya Kecamatan, Kabupaten Parigi Kabupaten. Parigi Moutong, Selasa (16/10/2023).

Babinsa Sertu Kamaruddin Mbanoko mengatakan, penyuluhan Bela Negara ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Dan menjaga identitas serta integritas bangsa, melestarikan budaya serta menjalankan nilai nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Kegiatan tersebut, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda, bahwa dirinya adalah warga NKRI yang mempunyai kewajiban dalam menjaga Undang Undang Dasar 1945 dan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajiban mereka, dan rasa cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Bangsa dan Negara.

“Betapa pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda’ tegasnya.

Karena, para pemuda merupakan ujung tombak dan tumpuan masa depan bangsa Indonesia.

Menurut dia, wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh para generasi muda.

Dengan harapan, agar kehidupan Bangsa Indonesia kedepan bisa lebih baik dan bermartabat.

“Para generasi muda bangsa ini tegasnya, harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi SMPN 3 Olaya, untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta patuh kepada kedua orang tua.

Serta selalu taat pada aturan, baik di sekolah maupun dilingkungan. Kemudian, tetap menjaga etika terhadap guru, teman dan orang lain.

“Bagi siswa siswi yang mengendarai sepeda motor agar menaati peraturan lalu lintas, jangan sampai terpengaruh maraknya penggunaan narkoba, miras, perkelahian dan kegiatan yang melanggar hukum,” pesanya.

Sementara, Kepala SMPN 3 Olaya Wilson, S.Pd, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang telah terbangun antara pihak sekolah dengan Koramil 08 Parigi, khususnya bersama Babinsa.

“Saya harapkan, kegiatan ini tidak hanya sampai disini kalau perlu kedepannya lebih kita tingkatkan lagi¬† pembekalan pembekalan seperti ini,” tandasnya.(dany)