Kunjungi Parimo Kepala BPKP Ingatkan Pemda Lakukan Rasionalisasi Usulan Anggaran

  • Whatsapp
Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing, di Parigi Moutong. (Foto : Prokopim Pemda Parimo)

PARIMO – radarparimo.com Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE menerima kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang baru,  Evenri Sihombing bersama Koordinator Pengawasan Bidang P3A Muh As’af, bertempat ruang rapat lantai II kantor Bupati. Selasa,( 14/9/2021).

Kedatangan Kepwil BPKP tersebut dalam rangka siraturrahmi bersama Pemda Parigi Moutong, hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Zulfinasran S.STP, M.A.P dan sejumlah kepala OPD.

Bacaan Lainnya

Kepala perwakilan BPKP Sulteng Evenri Sihombing mengatakan, BPKP zaman dulu masih memeriksa laporan keuangan, masih memberikan orbit reguler tiap tahun, tapi kalau sekarang BPKP tidak lagi memeriksa, kecuali Presiden, KPK, jaksa, kepolisian atau Bank Dunia meminta untuk melakukan audit, tetapi bukan lagi memberikan opini WTP.

Ia juga menyampaikan, sehubungan dengan pemberian WTP, ada beberapa hal yang harus dipahami, ternyata kata dia di satu sisi di sistem pengendalian interen pemerintah masih level dua dari level lima, padahal sebenarnya dari teori akuntansi dalam referensi buku serta hasil penelitian belum bisa dikatakan WTP.

“Pemberian WTP oleh teman-teman dari BPK itu mungkin supaya kita bersemangat dalam pengelolaan keuangan. Jadi mohon dilakukan resionalisasi terhadap usulan usulan anggaran kita.” tutur Kepwil BPKP di hadapan para OPD.

“Kami juga perlu sampaikan, BPKP sekarang sama seperti KPK hampir 70 persen itu pencegah tapi kenyataannya saya yang baru sebulan di Palu, belum dimanfaatkan sama teman-teman Pemda,” ungkap Evenri.

Dia melihat pemerintah  di daerah nanti kalau sudah bermasalah dan beresiko secara hukum baru datang ke kantor BPKP.

“Seharusnya panggilan pertama dan kedua segera berdiskusi bersama Inspektorat dan BPKP, kalaupun ada kesalahan Inspektorat dan BPKP punya masukan sehingga masih bisa dilakukan pencegahan dan pembinaan.” ucapnya

“Jadi kalau ada yang salah jangan segan-segan untuk menyampaikan kepada kita yang menyangkut Pemda Parigi Moutong, saya harap bisa di komunikasikan dan insha Allah bisa kita selesaikan.” pungkasnya

Wakil Bupati Badrun Nggai dalam pertemuan itu mengatakan Pemda Parigi Moutong telah melakukan kerjasama bersama dengan BPK, seperti dana Covid-19 yang diserahkan untuk mengawasinya.

“Saya harapkan dengan kedatangan BPKP ini jangan kita bosan untuk bertanya kalau seandainya ada yang kita tidak tahu terkait hal-hal pelanggaran hukum, Jangan kita berpihak terahir kita juga yang susah dan jangan juga sampai kita sudah di masa pensiun dipanggil-panggil lagi ” harapnya

Wabup juga sangat beryukur dengan kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulteng di daerah Parigi Moutong, untuk memberikan arahan serta pencerahan. Kata Wabup apa yang disampaikan BPKP akan lebih meningkatkan kordinasi.

“Atas nama Pemda Parigi Moutong saya mengucapkan terimakasih kepada kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang berkunjung di daerah kami, harapan selalu tetap sehat walafiat dalam menjalankan tugas pengawasan khusunya di daerah Kabupaten Parigi Moutong’”, ujar Wabup. (*/abt)

Pos terkait