Ketua DPRD Parimo Dukung Pemda Adakan PCR.

  • Whatsapp
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong Sayutin Budianto,S,Sos. Foto : Thilonk

PARIMO – radarparimo.com – Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong Sayutin Budiyanto  mendukung  Pemda Parigi Moutong untuk mengadakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19.

“Mengingat penyebaran Covid-19 di wilayah Parigi Moutong makin meningkat sehingga perlu adanya pengadaan alat tersebut”, ujar Sayutin saat ditemui Rabu,(3/2/2021).

Bacaan Lainnya

Sayutin ungkap, anggaran untuk penanganan Covid 19 di perkirakan kurang lebih Rp30 Miliar.

“Pengadaan alat itu innklud dengan dana yang direncanakan itu, kami siap membeck up serta mendukungnya,” katanya.

Sayutin menjelaskan, kegiatan penanganan Covid-19, sudah menjadi standar prosedur dalam pengadaan alat PCR untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid 19.

“Ini menjadi kewajiban daerah untuk mengngadakan dan tidak bisa tidak, karna alat PCR ini memiliki metode pemeriksaan covid 19 dengan mendeteksi DNA virus.” terangnya.

Sementara itu, juru bicara Satgas Covid 19 Parimo, Irwan, mengatakan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 diperlukan diagnosa yang cepat sehingga isolasi dapat berjalan dengan apa yang di rencanakan.

“Rencana pengadaan PCR dilatarbelakangi keluhan dokter setiap pemeriksaan melalui swab tes yang hasilnya keluar paling cepat satu minggu hingga dua atau tiga minggu, sebab di Parigi belum ada PCR” ungkap Irwan.

Dinkes bersama Satgas terlah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terkait pengadaan PCR.

Ia menambahkan, jenisnya atau tipe metode PCR dan modifikasinya harus sama dengan PCR yang sudah ada di wilayah terdekat Parimo, untuk mengatasi kekurangan agar bisa dikondisikan dengan wilayah terdekat atau Laboratorium kesehatan terdekat.

“Jika mengadakan PCR tersebut maka daerah juga harus menyiapkan Loratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk penunjang alat tersebut,” tutupnya.(abt)

Pos terkait