Kampung Bahari Nusantara di Desa Tambu Diresmikan

  • Whatsapp
Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai,SE bersama Komandan Pangkalan TNI AL Palu , Kolonel Marinir Luther Ginting M.Tr.Hanla resmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Tambu. (F.Ist)

PARIMO – radarparimo.com – Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai,SE bersama Komandan Pangkalan TNI AL Palu , Kolonel Marinir Luther Ginting M.Tr.Hanla resmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Tambu.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, sangat merespon  adanya kegiatan yang digagas oleh TNI AL.

Bacaan Lainnya

Wabup juga menyampaikan sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini dengan harapan ini dapat memberikan keamanan terhadap potensi laut Parigi Moutong  terutama mangrove dan juga terumbu karang yang ada dipesisir pantai teluk Tomini. Selain itu juga mengatasi aktifitas  pengeboman ikan dilaut.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AL Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting,M.Tr.Hanla dalam sambutanya mengatakan terpilihnya desa Tambu sebagai pusat desa binaan atas diselenggarakannya program kegiatan Kampung Bahari Nusantara (KBN)  karena desa Tambu masuk dalam beberapa kriteria dalam program KBN.

Dikatakan,  bentuk pembinaan TNI AL  pada KBN adalah menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung meliputi beberapa klaster diantaranya, edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata serta pertahanan

Ia juga menjelaskan, dari lima klaster yang jadi program utama, untuk edukasi pihaknya telah mendirikan rumah pintar yang dimana melakukan pendidikan kepada masyarakat, anak-anak untuk belajar baik menggunakan komputer, membaca dan menggambar serta kegiatan lainnya.

“KBN ini dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten. Sebab di daerah ini memiliki potensi yang dapat menguntungkan bagi desa dan Parigi Moutong dalam hal pariwisata” harap Kolonel Marinir Luther Ginting,M.Tr.Hanla

Kolonel Marinir, Martin Luther Ginting, M. TR Hamla, mengatakan, konsep kampung Bahari ini untuk membantu memberdayakan masyarakat pesisir yang memiliki banyak kekurangan. Maka dilaksanakan kegiatan ini.

“Desa Sausu Tambu ini memiliki potensi laut yang melimpah diantaranya pohon bakau, terumbu karang yang dapat dipromosikan bagi wisata domestik dan mancanegara,” jelasnya.

Dalam program ini juga pihaknya telah mendampingi masyarakat dengan membentuk kelompok-kelompok penangkaran ikan bagi nelayan, dan para pemuda diajarkan cara menyelam.

“Mereka kami bina untuk jadi salah satu masyarakat yang dapat mempromosikan KBN ke daerah luar,” tutupnya. (abt)

Pos terkait