Jelang Vaksinasi, Pemda Parimo Bikin Simulasi Penyuntikan Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong bersama Rumah Sakit Anuntaloko Parigi, melakukan simulasi jelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19. (Foto : Thilonk)

PARIMO – radarparimo.com – Sebelum melakukan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong bersama Rumah Sakit Anuntaloko Parigi, melakukan simulasi jelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19, untuk mengetahui alur dan proses penyuntikan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tenaga kesehatan yang terlibat di dalamnya  sudah menyiapkan berbagai fasilitas  untuk  tempat melayani para pasien yang nantinya akan divaksin.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong  Ellen Ludya Nelwan, saat ditemui usai pelaksanaan simulasi di kantor Bupati belum lama ini.

Elen mengatakan, sebelum dilakukan vaksinasi akan dilakukan cek kesehatan dan menyesuaikan dengan apa yang dipersyaratkan dalam proses vaksinasi tersebut. Misalnya, tidak boleh ada penyakit yang kronis seperti, hipertensi, diabetes militus, asma, dan tidak sedang hamil.

“Setelah dilakukan penyuntikan vaksin, pasien dipersilahkan menunggu selama 30 menit untuk melihat  reaksi pasca vaksinasi,” terangnya

Ellen juga menyampaikan, penyuntikan vaksinasi akan dilaksanakn  pada Senin, 8 Februari 2021, dan akan diikuti sebanyak 17 unsur pimpinan Forkopimda. Yang  Sebelumnya diikuti, 10 orang, namun ada ketambahan 7 orang.

Ia mengatakan, jika dalam proses vaksinasi nantinya, ada pasien yang mengalami pingsan, kami akan  langsung membawa pasien tersebut ke Rumah Sakit untuk dirawat lebih lanjut.

Simulasi ini, selain untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan vaksinasi kepada calon penerima vaksin, hal ini juga sebagai upaya guna memastikan kesiapan tenaga medis atau juru vaksin  saat bertugas.

“Yang jelasnya, semua juru vaksin yang melakukan vaksinasi sudah siap, begitupun fasilitasnya. Jadi, tinggal menunggu hari  pelaksaanya saja.” ujarnya.(abt)

Pos terkait