HUT ke-76 PMI Parimo Gelar Bakti Sosial

  • Whatsapp
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Parigi Moutong, Hj. Noor Wachida Prihartini Tombolotutu. (Foto : Thilonk)

PARIMO – radarparimo.com Palang Merah Indonesia (PMI) Parigi Moutong memperingati HUT ke 76, dengan menggelar kegiatan bakti sosial, seperti donor darah, cek golongan darah hingga vaksinasi Covid-19. Kegiatan berlangsung di halaman markas PMI Parigi Moutong, Jum’at (17/9/2021).

Ketua PMI Parigi Moutong, Hj. Noor Wachida Prihartini Tombolotutu menyampaikan, seperti tahun sebelumnya pihaknya selalu memperingati HUT PMI, dengan pelaksanaan aksi donor darah dan mengecek golongan darah, dengan sasaran masyarakat umum.

Bacaan Lainnya

“Kenapa kita selalu gencar melaksanakan donor darah serta mengecek golongan darah, agar masyarakat  biar lebih tahu pentingnya kesehatan bagi tubuh manusia. dan mengetahui golangan darahnya.”ungkapnya saat ditemui, Jum’at.

“Tubuh dengan sendirinya akan membentuk darah baru ketika selesai didonorkan. Badan akan lebih. Soal cek darah juga begitu, kita wajib tahu golong darah kita sendiri,” ujarnya.

Karena masyarakat masih kurang memahami pentingnya mengetahui golongan darahnya. Terkadang, baru melakukan pengecekan saat akan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) atau ketika mengajukan permohonan kerja di sebuah perusahaan.

Noor Wachida mengatakan, pihaknya menggandeng Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Anuntaloko Parigi dalam aksi donor darah, dan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan vaksinator serta logistik, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Aksi donor darah tersebut ditargerkan bisa mencapai 100 kantong darah dalam aksi donor darah tersebut. Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pihaknya menargetkan 300 warga dalam kegiatan HUT PMI.

Noor Wachida juga menyampaikan, vaksinasi Covid-19, dilaksanakan untuk mengekselarasikan penyerapan vaksin sesuai program pemerintah. Diharapkan, PMI dapat membantu capaian target vaksin di Parimo.

Disamping itu, memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mendapatkan vaksin, untuk memproteksi diri dari penyebaran dan penularan Covid-19.

“Saya alami itu sendiri, ketika bapak (Bupati Parigi Moutong) terkonfirmasi Covid-19, tubuh saya tidak bereaksi sama sekali, karena saya sudah mendapatkan suntikan vaksin,” ujarnya.

“Kami membuka kegiatan donor darah dan vaksinasi untuk umum hingga pukul 16:00 WITA dan kami juga meminta setiap OPD dijajaran Pemda Parigi Moutong bisa mengirimkan perwakilannya, masing-masing lima orang,” kata NoorWachida. (abt)

Pos terkait