Harkanas Peluang Parimo Promosi Potensi Kelautan dan Perikanan

Wagub Sulteng, Ma'mun Amir, saat membuka pameran UMKM hasil perikanan, di Mosing Tinombo Selatan, Sabtu (19/11/2022). (Foto : Bambang)

PARIMO, radarparimo.com Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir menyebut perayaan Harkanas ke-9 dapat menjadi peluang Bagi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mempromosikan potensi kelautan dan perikanan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, saya mengapresiasi kepada Pemda Parimo selalu tuan rumah Harkanas ke-9 Tahun 2022,” ungkap Wagub Sulteng, Ma’mun Amir, saat membuka pameran UMKM hasil perikanan, di Mosing Tinombo Selatan, Sabtu (19/11/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, momentum perayaan Harkanas, merupakan peluang bagi Parimo untuk mempromosikan potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki.

Untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional, yang sejalan tema yang diusung dalam Harkanas ke-9 yaitu “ikan menyehatkan dan mencerdaskan generasi unggul”.

“Semoga dengan kegiatan pameran ini, pesan-pesan akan pentingnya¬† mengkonsumsi ikan dapat tersosialisasikan dengan baik,” ujar Wagub Ma’mun.

Dia berharap, pameran hasil perikanan dan kelautan itu dapat merangsang pertumbuhan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Menurutnya, UMKM sektor kelautan dan perikanan khususnya industri udang Vanamei, menjadi peluang yang sangat menjanjikan, dan tidak akan terganggu dengan adanya resesi.

“Investasinya tidak main main. UMKM juga mengurangi pengangguran di Sulteng, untuk itu harus terus kita dorong,” ucapnya.

Dia menambahkan, sektor kelautan dan perikanan, berharmonisasi dengan visi gerak cepat menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju.

“Utamanya pada implementasi misi ketiga, yaitu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan,” pungkasnya. (abt)