Gubernur Hadiri Pisah Sambut Komandan korem 132/Tadulako

  • Whatsapp

Palu-Bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, acara Pisah Sambut Komandan Korem 132/Tadulako dari pejabat lama Kolonel Inf Agus Sasmita kepada pejabat baru Kolonel Inf Farid Makruf,MA berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kebersamaan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sabtu (6/6) Malam.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H.Longki Djanggola,M.Si menyampaikan pergantian pejabat Komandan Korem 132/Tadulako dari Kolonel Inf. Agus Sasmita kepada Kolonel Inf. Farid Makruf,MA merupakan hal wajar dalam kultur organisasi yang dinamis baik sipil maupun militer, untuk memberi penyegaran, pengembangan karir prajurit dan peningkatan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi TNI Angkatan Darat, pada khususnya Korem 132/Tadulako.

“Selamat datang kepada pejabat baru Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf. Farid Makruf,MA beserta keluarga di Provinsi Sulawesi Tengah,”tuturnya.

Ia pun berharap Kolonel Inf. Farid Makruf,MA beserta keluarga dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja dan tempat tinggal yang baru sehingga terpacu untuk melahirkan aneka program inovasi dalam meningkatkan hasil-hasil pembinaan teritorial di Wilayah Korem 132/Tadulako, termasuk dalam memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19, dan juga menjaga netralitas dan profesionalisme prajurit TNI dalam rangka mengawal keamanan dan kelancaran pilkada serentak, di tingkat provinsi dan kabupaten/kota Se-Sulawesi Tengah 9 Desember 2020.

Selanjutnya Ia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kolonel Inf. Agus Sasmita yang telah menyatu, bekerjasama dan ikut membagi suka dukanya dengan seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, terhitung sejak menjabat Komandan Korem 132/Tadulako, tanggal 29 Juni 2018 sampai dengan 3 Juni 2020.

“tentu yang paling membekas dalam ingatan kami ialah sewaktu peristiwa bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang meluluh lantakkan Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong tanggal 28 September 2018,”ucapnya.

Menurutnya, kepemimpinan dan ketegasan yang tunjukkan Kolonel Inf Agus Sasmita sebagai Komandan Satgas Tanggap Darurat Pascabencana Sulawesi Tengah dan Komandan Satgas Percepatan Rehab Rekon telah terbukti efektif dan mampu dengan cepat mengendalikan situasi chaos yang terjadi saat terjadi bencana 28 September 2018 sehingga pemerintah daerah sangat terbantu dalam rangka mengakselerasi tahapan pemulihan sarana prasarana umum dan sosial, serta memastikan tahapan demi tahapan rehab rekon telah berjalan sesuai ketentuan undang-undang.

Lanjut Ia pun menyampaikan bahwa Kolonel Inf Agus Sasmita juga berkontribusi dalam Satgas Tinombala 2019 untuk ikut menumpas sisa-sisa kelompok pengacau keamanan di Poso, dan belum lama ini sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah.

“atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada Kolonel Inf Agus Sasmita, beserta keluarga dan jajaran Korem 132/Tadulako apabila pernah terjadi suatu kekhilafan, baik gestur perbuatan maupun tutur bahasa yang kurang pas secara tidak disengaja dalam koordinasi pekerjaan,”katanya.

Terakhir Ia pun berharap Kolonel Inf Agus Sasmita dan keluarga tidak melupakan silaturahmi yang telah terjalin di Sulawesi Tengah dan tetap berkarya ditempat kerja yang baru.

Sementara itu, Kolonel Inf Agus Sasmita menyampaikan selama bertugas di Sulawesi Tengah banyak suka dan duka terutama saat terjadi musibah 28 September 2018 membantu memulihkan situasi bersama pemerintah sehingga masyarakat bisa bangkit kembali dan membantu memutus mata rantai COVID-19.

“semoga musibah-musibah ini cepat berakhir,”ucapnya.

Terakhir Ia pun mengucapkan permohonan maaf selama bertugas di Sulawesi Tengah dan berharap agar silaturahmi tetap terjalin.

“Ijinkan kami bergabung di Sulawesi Tengah dan semoga bisa bersinergi, mohon bantuan, bimbingan dan kerjasamanya Bapak Gubernur,”ucap Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf. Farid Makruf,MA.

Nampak hadir Forkopimda Sulteng, Bupati/Walikota Se Sulteng, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda.(Cep/Humas Pemprov Sulteng ).

Pos terkait