FKS Desa Kasimbar Gelar Dialog Tematik

  • Whatsapp
Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Kasimbar Utara menggelar dialog tematik. (Foto : Samudin)

PARIMO – radarparimo.com – Forum Keserasian Sosial  (FKS) Desa Kasimbar Utara menggelar dialog tematik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor desa setempat,  belum lama ini.

“Selaku pemerintah desa dan atas  nama seluruh masyarakat Desa Kasimbar Utara mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi berbagai bantuan yang telah diberikan Kemenentrian Sosial kepada kami dan Kecamatan Kasimbar, melalui Dinas Sosial Parimo,” ungkap Kepala Desa Kasimbar Utara, Badrun  Kaleo.

Pihaknya kata dia, mengapresiasi kegiatan dialog tematik yang dilaksanakan FKS. Diharapkan melalui kegiatan ini, hubungan sirahturahmi tetap terjaga.

Sehingga, masyarakat desa Kasimar Utara selalu berada di garda terdepan  dalam menjaga kegotong royongan dilingkungan masyarakat, dan tetap setia  merawat serta  menjaga berbagai sarana prasarana atau fasilitas  bantuan.

Sementara Kabit Linjamsos, Dinas Sosial Parimo, Aristo  menjelaskan, progran keserasian sosial  meningkatkan keharmonisan dilandasi dengan kegotong royongan. Tujuannya untuk menciptakan  tatanan suatu kehidupan sosial dengan sebuah kebersamaan.

Pemerintah desa diminta untuk memperbaikan profil dan data desanya masing-masing, sebab tahun ini ada perubahan juknis. Tahun sebelumnya, hanya dapat membangun sarana ibadah, dan tempat olaraga saja. Tetapi tahun ini, daerah dapat melakukan pembangunan fasilitas pariwisata.

“Ditahun kemarin itu selesai diaolog selesai pekerjaan, akan tetapi di tahun ini ada dialog, ada perkembangan ekonomi produktif, ada pembangunan fisiknya. Jadi ada juga kegiatan pelatihannya masyarakat,” kata dia.

Dia menyebutkan, tujuan pelaksanaan program seperti ini, adalah upaya program pemerintah pusat untuk mencegah konfik social.

“Jangan sampai apa yang ada ketibutan,  jadi  kepada seluruh masyarakat Desa Kasimbar Utara, kita jaga  program ini,  dan kita jaga kepercayaan di berikan kepada kita ini,” imbuhnya.

Dia meminta, dana bantuan dapat diamnfaatkan dengan sebak-baiknya, tepat waktu dan sasaran  sesuai perencanaan. Sehingga, kepercayaan pusat terhadap masyarakat di Parimo dapat terus terjaga.

Sementara itu, Fasitator  Daerah Parimo,  Zahriyansyah Muhlis berharap, dengan adanya  berbagai bantuan ini dapat meningkatkan keserasian antara masyarakat Desa Kasimbar Utara, karena  pelaksanaan pembangunan desa ataukampung membutukan orang asli daerah setempat,  dan dipercaya oleh masyarakat sekitar.

“Dikepercayaan terhadap apa saja yang di kelola, baik menyangkut dana, dan lain sebagainya. Kemudian, tetap pada petunjuk  program yang sudah di atur oleh Kementrian Sosial,” pungkasnya. (SAM)

Pos terkait