Dua Desa di Kecamatan Kasimbar Telah Salurkan BLT-DD Tahap Pertama

  • Whatsapp
Dua Desa di Kecamatan Kasimbar Telah Salurkan BLT-DD Tahap Pertama
Camat Kasimbar Abdul Manan Daeng Malindu memberikan langsung BLT DD pada penerima bantuan di Desa Kasimbar Palapi

Parigi Dua desa di Kecamatan Kasimbar telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahap pertama.

Desa itu adalah Kasimbar Palapi dan Kasimbar Utara yang menyalurkan bantuan ditengah wabah virus corona.

Bacaan Lainnya

“Saya mengapresiasi pemerintah pusat yang telah meluncurkan anggaran BLT bagi terdampak virus corona lewat Dana Desa Tahun Anggaran 2020,” ungkap Camat Kasimbar Abdul Manan Daeng Malindu S.Pd., MM, saat penyaluran BLT di Kantor Desa Kasimbar Palapi, Jumat (29/5/2020).

Ia mengatakan, dengan adanya wabah virus corona pemerintah telah melakukan pendataan kepada warga yang terdampak pandemi.

Sehingga, dapat diketahui berapa peserta penerimah BLT-DD dan berapa pula yang masuk pada program PKH, BPNT maupun BST.

Sehingga,  bagi warga yang menerima bantuan ini agar dapat dipergunakan dengan sebaiknya, demi kebutuhan rumah tangga.

Sebagaimana yang dilakukan Pemerintah desa (Pemdes) Kasimbar Palapi Kecamatan Kasimbar telah menyerahkan BLT-DD kepada sejumlah 75 Kepala keluarga (KK).

“Seluruh penerima BLT-DD itu adalah diluar dari  penerima PKH, BPNT dan BST,” jelasnya.

Sementara itu, PJS Kepala Desa Kasimbar Palapi Didik Kusbianto S. Pd mengatakan, data penerima BLT-DD sebelum hasil pendataan yang dilakukan Tim Relawan berjumlah 131 Kepala keluarga.

Dengan melihat data itu, jangan sampai data tumpang tindih. Maka, disandingkan data itu dengan penerimah PKH, BPNT maupun BST.

“Sejumlah 75 KK penerima BLT-DD tersebar di enam Dusun Desa Kasimbar Palapi,” terangnya.

Pada hari Jumat (29/5/2020) Pemdes Kasimbar Palapi mencairkan dana Tahap pertama BLT-DD sebesar Rp, 600,000 per KK.

Ia berharap, kepada penerima bantuan itu agar bantuan ini dipergunakan untuk pembelian sembako. Bukan untuk kebutuhan lainnya.

Sementara itu, di Desa Kasimbar Utara juga melakukan pencairan BLT-DD tahap pertama untuk penerima bantuan sebanyak 94 KK yang tersebar di empat dusun.

“Bantuan yang  dicairkan juga senilai Rp 600.000 per KK. Sedangkan, sumber dana itu diambil  dari  Dana Desa pada Tahap Dua tahun anggaran 2020,” tutup Kades Kasimbar Utara, Badrun Kaleo.

Diketahui, penyaluran itu dilaksanakan di Kantor Desa Kasimbar Palapi yang dihadiri Camat Kasimbar Abdul Manan Daeng Malindu S.Pd, anggota Kepolisian Sektor Kasimbar dan Pos Koramil Kecamatan Kasimbar, para anggota BPD, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Kasimbar dan pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Kasimbar Palapi. (Sam)

Pos terkait