Dinkes Parimo Gelar Penguatan Pokjanal Posyandu

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Devi Artini Uga (Foto : Diskominfo Parimo)

PARIMO – radarparimo.com – Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Devi Artini Uga mengatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber Masyarakat (UKBM).

“Posyandu dapat memberdayakan masyarakat dan memberi kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Terutama untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,” ungkap Devi Artini Uga, Kamis (12/05/2022).

Bacaan Lainnya

Devi menyampaikan, diperlukan pembinaan dan pengawasan yang baik oleh Pokjanal Posyandu serta didukung dengan pembiayaan operasional Posyandu dan operasional Pokjanal melalui dana desa. Sebab, Posyandu merupakan salah satu UKBM.

Devi menuturkan, maksud dan tujuan kegiatan penguatan percepatan pembentukan dan pengaktifan Pokjanal adalah melakukan advokasi pemberdayaan, kemitraan, dan peningkatan peran serta masyarakat.

Hingga lintas sektor tingkat daerah, dan bertujuan melakukan penguatan percepatan pembentukan dan peangaktifan Pokjanal Posyandu.

Kegiatan yang dilaksanakn sehari itu menghadirkan peserta sebanyak 35 orang terdiri dari OPD lintas sektor yang masuk dalam kepengurusan tim Pokjanal Kabupaten Parigi Moutong termasuk organisasi mitra salah satunya TP- PKK Kabupaten Parigi Moutong. (*/abt)