Boalemo Tertarik Cara Pengembangan UMKM di Parimo

Penyerahan ole-ole produk olahan UMKM khas Parigi Moutong oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo kepada Dinas UMKM Boalemo. (Foto : Wawa Toampo)

PARIMO – radarparimo.com Pemkab Boalemo tertarik dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Parigi Moutong. Pemkab Boalemo Provinsi Gorontalo ingin meningkatkan kualitas produk para pelaku usaha di Boalemo.

“Kunjungan kami ke Kabupaten Parigi Moutong untuk melihat produk-produk UMKM , dan kami sangat tertarik karena produk olahan para pelaku usaha di sini sudah dikemas menarik dibandingkan dengan produk UMKM di Boalemo, untuk itu kami harus banyak belajar dengan melakukan kunker ini,” ungkap Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Boalemo, Meimiti Daeng Pawewang saat melakukan kunjungan kerja di Parigi, Senin (14/03/2022).

Bacaan Lainnya

Meimiti mengatakan, UMKM Parigi Moutong banyak melakukan kegiatan usaha hingga berinovasi secara mandiri, terlihat dari hasil produksi dan kemasan menarik suatu produk, sehingga hasil produk-produk unggulan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pihaknya untuk ditindaklanjuti agar pelaku UMKM di daerah mereka dapat lebih berkembang.

Dia mengaku, pihaknya juga tertarik dengan keterlibatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Parigi Moutong yang menjadi bagian dalam menghidupkan usaha-usaha kecil dengan program bantuan dana hibah sebagai modal usaha bagi para pelaku UMKM.

“Mengenai program mengandeng BAZNAS untuk dijadikan mitra dalam membantu kemajuan UKMK akan kami sampaikan ke Bupati Boalemo, dan ini akan menjadi catatan penting kami untuk menerapkan hal yang sama,” ujar Meimiti.

Dia juga jelaskan, kunjungan dilakukan pihaknya sebagai langkah awal menjalin kerjasama dengan Pemkab Parigi Moutong , dengan harapan kedua belah pihak dapat saling memberikan kontribusi serta berkesinambungan dalam memajukan produk-produk lokal.

Kerjasama dalam hal membantu mempromosikan dan memasarkan produk unggulan pelaku usaha dari Parimo di Bolaemo, begitupun sebaliknya, karena Boalemo juga memiliki produk unggulan yang menarik.

“”Kami memiliki sejumlah produk unggulan seperti abon ikan, sambal ikan sagela, sambal ikan teri, hingga produk kerajinan tangan karawo dan songkok khas Gorontalo,” pungkasnya. (wawa)