Baru, 21 Orang Lagi Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Parimo

  • Whatsapp
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Parimo, Irwan SKM. (Foto : Istimewah)

PARIMO – radarparimo,com – Parigi Moutong  kembali  ketambahan  21 orang  terkonfirmasi  postif  covid 19.

Juru bicara satgas covid -19 Irwan SKM  mengatakan, hingga saat  ini  secara komulatif   terkonfirmasi positif  covid-19  di Parigi moutong  sudah mencapai  415  orang, menyebar hampir merata  di semua  wilayah kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Laporan 21 kasus baru covid 19 di Parigi Moutong  merupakan hasil dari  pemeriksaan sampel laboratorium. Dengan tanggal sampel 11-13 Januari 2021 dan hasil 19 Januari 2021,” ujar Irwan.

Irwan mengatakan, dari 21 kasus baru covid-19 itu, Kecamatan Parigi penyumbang  terbanyak  dengan delapan kasus  terkonfirmasi  positif.

Selain Kecamatan Parigi, satu orang  positif covid-19 di Tinombo Selatan, satu orang di Mepanga, satu di Parigi Selatan, satu di Parigi Barat, satu di Ampibabo, satu di Parigi Utara, tiga di Palasa, dua di Toribulu dan dua orang di Kasimbar.

Menurut  keterangan, 21 orang  terkonfirmasi   positif  covid-19  miliki  riwayat  kontak  erat  dengan pasien  terkonfirmasi covid-19. selain itu di Parigi motong  sudah terjadi penularan atau transmisi lokal.

Lanjut  Irwan  menyampaikan,  terkait  penderita  yang  sembuh terdapat polemic  sebab  ada  beberapa pendapat , menurut  pihak  dari  Kemenkes  bahwa  kalau  yang  orang  tanpa  gejala  (OTG)  itu setelah  diisolasi mandiri  selama 10 hari  plus 3 hari, sudah boleh  beraktifitas  dan  berarti sudah dinyatakan  tidak  lagi  menularkan.

“Namun dari  beberapa  juga  dokter  di sini  mengatakan  bahwa  sebaiknya  nanti  keluar  hasil  swab negatifnya  baru  bisa  beraktifitas,  tapi  tetap  memetuhi  protokol  kesehatan,” ungkap  Irwan saat ditemui diruanganya. Selasa,(20/1/2021).

Ditambahkannya bila menghitung  dari  yang  sudah  keluar  hasil  swab negatifnya  sekarang  baru  sekitar  93 atau 94 orang  dari  415  yang  terkonfirmasi   positif  covid-19.

Irwan  juga meyakini  banyak  yang  sudah  merasah  sembuh, karena  ada  juga  yang  sudah tidak melakukan swab  kembali  karena  sudah  merasa  sembuh.(Abt)

Pos terkait