Bangkep Belajar Model Pencegahan dan Penanganan Stunting di Parimo

  • Whatsapp
Plt Kepala Badan Bappelitbangda Parigi Moutong Irwan bersama Kepala Bidang Sosial Budaya Bappelitbangda Parimo Abdul Said. (Foto : Thilonk)

PARIMO – radarparimo.com – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menerima kunjungan dari Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dalam rangka studi tiru pencegahan dan penanganan stunting di Parigi Moutong.

Kabupaten Banggai Kepulauan sendiri tahun ini menjadi salah satu lokus stunting di provinsi Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

Pemkab Bangkep menilai Parimo  mampu menekan angka stunting. Capaian hingga 12 persen melampaui target nasional 14 persen dan sebagai salah satu daerah terbaik di Sulteng dalam pencegahan dan penanganan ‘stunting’.  Hal itu diungkapkan Plt Kepala Badan Bappelitbangda Parigi Moutong  Irwan saat ditemui di sela kegiatan, Sabtu, (6/2/2021)

Menurut Irwan capaian penekanan angka stunting kali ini sebagai mula kerja keras Parimo dalam pencegahan dan penanganan stanting.Sehingga kata dia tak heran bila ke depannya akan banyak kabupaten yang akan studi tiru ke Parigi Moutong.Dalam kunjungan kali ini rombongan Kabupaten Bangkep sempat mengunjungi  ke salah salah satu desa di Kecamatan Siniu dengan tujuan, melihat langsung  bagaimana pelaksanaan stunting di Parigi  Moutong khususnya di desa Sayogindano

Pihaknya kata Irwan telah mendiskusikan dan memaparkan berbagai langkah dan capaian terkait program stanting, sebelum mendampingi para tamu turun lapangan.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappelitbangda Parimo Abdul Said menambahkan,  di tingkat desa para rombongan Bangkep sudah melihat bagaimana beragamnya program  yang dilakukan desa Sayogindano.

Rombongan juga sudah melihat langsung  program program desa sampai ketingkat pelaksanaan Posyandu,pelaksanaan kader kader lainya.

“Hari ini kami juga melaksanakan konfergen antara  OPD bagaimana menyatukan program di semua OPD bisa menjadi satu dan menjadi kekuatan untuk  kita sama  sama menurunkan angka stanting,” ujar Abdul Said.

Terkait pencapaian program stunting di Parimo ini Irwan mengungkapkan adalah wujud komitmen Pemda Parimo yang  sangat kuat, mulai dari Bupati,Wakil Bupati, Sekda sampai dengan para kepala OPD termasuk Tim Penggerak PKK serata pihak swasta yang  terlibat di dalamnya.

“Alhamdulilah Kabupaten Parigi Mutong sangat komitmen terhadap pencegahan dan penanggulangan stunting,” tutup Irwan.(abt)

Pos terkait