Anwar Hafid Minta Soal DOB Jangan Terus ‘Digoreng’ Hingga Masyarakat Terbuai

Anggota Komisi II DPR RI, Anwar Hafid. (Foto : Wawa Toampo)

PARIMO – radarparimo.com Anggota Komisi II DPR RI, Anwar Hafid menegaskan,hingga saat ini, President RI Joko Widodo (Jokowi),belum mencabut moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk wilayah di Indonesia.

Bicara soal DOB, dia secara pribadi sangat mendukung, sebab dia melihat dan juga merasakan sulitnya rakyat dilayani oleh pemerintahan karena letak geografis yang luas.

Bacaan Lainnya

“Tetapi saya ingin juga menyampaikan, jangan isu ini terus digoreng, sehingga masyarakat terbuai terus, apalagi menghadapi tahun politik,” tegas Anwar Hafid, saat menghadiri perayaan lebaran ketupat yang digelar warga Kelurahan Bantaya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parimo. Senin,(9/5/2022).

Apabila kata dia (bila) president mencabut moratorium tersebut, maka dirinya menjadi orang pertama yang akan memperjuangkan pemekaran DOB tersebut. Apalagi, komisi II DPR RI membidangi persoalan tersebut.

Menurut dia, apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Parimo, saat ini merupakan langkah yang tepat, sebagai bentuk keseriusan. Sebab, pemekaran DOB tersebut harus terus digaungkan, agar dapat mencabut moratorium itu.

“Saya setuju dengan Pak Bupati Parimo, kita tetapkan saja batasnya dimana. Bahkan, kalau perlu undang orang dari pusat datang ke sini, tidak masalah. Tapi, saya minta orang pusat jangan coba berjanji yang tidak pasti. Sehingga, rakyat sudah senang, akhirnya tidak ada,” ujarnya.

Ditambah lagi kata dia, moratorium menjadi hak Presiden dan dipastikan siapapun yang meminta, jika hal tersebut tidak dipenuhi, pemekaran DOB tidak akan terjadi.

Terkait memekarkan dua DOB seperti yang direncanakan Pemda Parimo, ia pun mengaku, selama ini memang belum pernah terjadi dalam satu wilayah.

“Tapi tergantung syarat-syarat soal ke wilayahan. tapi mudah-mudahan bisa terjadi. Namun saya sarankan, jangan dulu dua wilayah, satu saja dulu,” tandasnya. (Oppi)