142 Warga Desa Tovalo Parimo Telah Terima BLT-DD

  • Whatsapp
142 Warga Telah Terima BLT Dana Desa Tovalo Parimo
Pembagian BLT Desa di Kasimbar.

Parigi Sebanyak 142 warga di Desa Tovalo Kecamatan Kasimbar Parimo telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD).

Pemerintah desa (Pemdes) Tovalo yang diwakili Kasubag Keuangan Kantor Camat Kasimbar Hi Baharuddin Hi Jufri S Pd mengatakan, penerima manfaat dampak virus corona ini, terbungkus dalam Dana Desa Program BLT-DD tahun anggaran 2020.

Bacaan Lainnya

“BLT-DD berbeda dengan bantuan lainnya. Pasalnya, BLT-DD adalah bantuan bagi terdampak virus corona yang terjadi saat ini,” ungkapnya, Kamis (28/5/2020).

Bentuk penyalurannya, kepada Kepala Keluarga  (KK) berdasarkan mekanisme atau aturan yang sudah ditentukan pemerintah pusat berdasarkan 16 Kriteria.

Jadi, bantuannya tidak bisa saling tumpang tindih  dengan bantuan  lain. Contohnya, seperti penerima, PKH, BPNT maupun BST.

“Juga termasuk PNS tidak bisa menerima BLT-DD,” jelasnya.

Ia menghimbau, kepada seluruh penerima bantuan agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sebab, bantuan ini bukan diperuntukkan beli pakaian, terus biaya untuk  rekreasi. Namun, BLT-DD ini diberikan kepada warga untuk keperluan sembako, kebutuhan rumah tangga bagi terdampak pandemi virus corona.

Sementara itu, Kepala Desa Tovalo, Asman Onslak mengatakan, penerima BLT-DD ini bersumber dari dana Desa Tahap dua tahun anggaran 2020.

Peruntukkannya, khusus bagi terdampak  virus corona. Bagi yang mendapatkan dana ini atau  penerima yang sudah diverifikasi pemerintah dan  tim Relawan  Desa Tovalo.

“Kemudian, dilanjutkan dengan Musyawarah desa (Musdes) Khusus yang  melibatkan beberapa lembaga   Desa Tovalo dan dihadiri pihak Kepolisian dan  Babinsa,” terangnya.

Oleh karena itu, penerima BLT-DD Desa Tovalo diluar penerima PKH, BPNT maupun BTS berjumlah 142 Kepala Keluarga (KK).

Penerima langsung dana BLT-DD tahap pertama senilai Rp 600.000/ Kepala Keluarga.

“Semoga, bantuan ini betul-betul digunakan untuk kebutuhan rumah tangga,” tutupnya. (Sam)

Pos terkait