14 SD di Parimo Dapat Kucuran Dana Dari Kemendikbud

  • Whatsapp
Kepala Bidang Manajemen Sekolah Dasar, Parigi Moutong, Ince pina

PARIMO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, melalui Kepala Bidang Manajemen SD, Incepina mengatakan, ada 14 Sekolah di Parimo mendapat  kucuran dana.

Kucuran dana tersebut,untuk program bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta dana untuk  pendukung  program Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).ujar kabid SD incepina

Bacaan Lainnya

Menurut  incepina  bantuan tersebut, merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2020.

Lanjut  incepina,dari 14 Sekolah itu, ada 8 Sekolah Dasar yang mendapat  bantuan TIK, sedangkan untuk program bantuan pendukung  PHBS  diberikan  kepada 6 SD lainnya.

“Bantuan itu akan dikucurkan pada bulan November mendatang, dengan rincian Rp 704 juta bantuan TIK dan Rp 90 juta untuk bantuan PHBS,”  kata Incepina.Kamis, (22/10/2020).

Dijelaskannya, bantuan untuk program PHBS tersebar di 3 Kecamatan di wilayah Kabupaten Parimo yakni, Kecamatan Sausu, Parigi Barat dan Kecamatan Ampibabo masing-masing dua Sekolah.

Menurutnya, dana bantuan yang dikucurkan itu nantinya, akan digunakan untuk pembelian alat pendukung pada proses pembelajaran di sekolah seperti, leptop konektor dan proyektor.

Ia menambahkan, terkait pembelanjaan barang oleh sekolah harus melalui aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (Siplah) yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Karena, berdasarkan ketentuan sekolah katanya, penerima bantuan tidak lagi memesan barang ke toko yang tidak masuk dalam sistem.

“Harus dibelanjakan melalui aplikasi untuk proyektor dan warlesnya itu pengadaan pusat,” jelasnya.

Menurutnya, mengenai penetapan sekolah penerima bantuan itu, berdasarkan data pokok Kependidikan (Dapodik).

Sebab, untuk program bantuan TIK yang turun tahun ini, bukan hanya di satu sekolah. Namun, bantuan yang turun untuk 14 sekolah yang di maksud.

Program bantuan TIK untuk Parigi Moutong  merupakan tahun kedua, Sedangkan bantuan program pendukung  PHBS tersebut  adalah  yang  pertama  kalinya.

“Ada tiga kabupaten di Sulteng yang mendapatkan bantuan ini, salah satunya Parigi Moutong,” demikian kata Incepina.(Abt)

Pos terkait